Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Secara Teratur 2

Pada posting Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Secara Teratur saya telah mencoba menggungkapkan sedikit banyak cara untuk meningkatkan kunjungan di blog anda. Saya tidak mencoba untuk menggunakan cara SEO yang aneh-aneh, dengan mendaftarkan situs-situs yang aneh dan melakukan peningkatan optimisasi blog secara tidak fair. Yang saya tekankan di sini adalah, tujuan anda membuat blog. Anda membuat blog untuk menyampaikan pikiran anda kepada orang lain. Dan agar sampai, orang lain harus dengan mudah menemukan blog anda.

Blog

Blog saya sendiri memang tidak seperti blog-blog populer yang mempunyai hit ribuan penggunjung setiap harinya. Blog saya hanya dikunjungi rata-rata sepuluh ribu unik penggunjung setiap bulannya. Dan sampai sekarang, total sudah lebih dari seratus ribu orang yang berkunjung. Namun bukan itu intinya, yang kita inginkan sekali lagi adalah, bagaimana pesan atau pemikiran, atau harapan kita dapat tersalurkan lewat media ini.

Untuk itulah, kita perlu untuk sedikit membuat blog kita lebih mudah untuk ditemukan, berikut ini saya tambahkan beberapa langkah yang mungkin dapat dilakukan untuk

Flagship Posting

Dalam dunia maritim, flagship bisa diartikan sebagai kapal inti, kapal komando, atau kapal yang menjadi pusat seluruh armada. Di sebuah blog, pastikan anda mempunyai minimal satu buah postingan flagship. Artinya, postingan itu adalah sesuatu yang benar-benar menjadi andalan blog anda dan menjadi nilai lebih dibandingkan dengan posting-posting di blog lain. Sebagai contoh, anda mempunyai kegemaran memasak, maka buatlah postingan tentang resep masak tertentu yang unik dan tidak pernah ditemui di blog lain.

Saya sendiri adalah penggemar sejarah, sains, dan konflik. Maka flagship posting di blog saya yang unik adalah seputaran ketiga hal tersebut. Dan usahakan, posting-posting tersebut ditampilkan dengan gambar pendukung, dan judul yang sesuai (seperti saran saya pada posting sebelumnya).

Balaslah Komentar Dengan Dialog Konstruktif

Komentar di blog anda bukanlah sebuah hal yang boleh diacuhkan. Komentar-komentar tersebut, pada tahapan tertentu dapat juga meningkatkan rating di blog anda. Semakin banyak link blogger lain yang di pajang, maka referensi dari dan untuk blog anda akan semakin meningkat. Namun, bukan itu sebenarnya yang terpenting. Dengan membangun komentar yang konstruktif, anda tidak hanya diajak untuk mencoba berpikir lebih kritis, namun juga untuk meninjau kembali posting dan tulisan anda sendiri.

Seringkali posting anda di blog tidak sempurna, dan komentar yang ada di tiap posting blog anda dapat menjadi sebuah feedback bagi kualitas posting tersebut. Dampak dari meningkatnya kualitas tulisan adalah, tulisan anda akan semakin dicari dan digunakan oleh referensi, bukan hanya oleh blogger lain, melainkan juga pagi para pencari informasi di internet. Dalam kata lain, para netters atau netizen atau apalah namanya.

Jadilah Pendengar dan Pembelajar Yang Baik

“Carilah ilmu bahkan sampai ke negeri china” kira-kira begitulah kata-kata bijak Arab dahulu dalam menanggapi pencarian ilmu pengetahuan. Dalam dunia Arab tempo itu, negeri China adalah negeri terjauh yang dapat dibayangkan. Secara harfiah, artinya bisa saja, carilah ilmu sampai ke ujung dunia dan jangan pernah menyerah.

Saya rajin mengikuti Crash Course History yang diunggah di Youtube. Salah satunya menceritakan tentang penyerangan Persia ke Yunani (yang mungkin anda ingat dalam film 300). Pada jaman dahulu, kisah-kisah epik yang kita kenal sekarang ini diabadikan oleh Herodotus atau Plato atau masih banyak lagi philosopher pada jaman itu. Dan sang host, John Green, menyebut mereka juga sebagai “The first of world blogger!”

Mengapa disebut sebagai blogger? Bukan sebagai penulis sejarah yang kompeten seperti sekarang? Atau seorang ilmuwan yang menuliskan berdasarkan referensi kritis?

Philosopher pada jaman Yunani menuliskan kisah, penemuan, dan sejarah mereka dalam bentuk yang begitu mudah dipahami. Hingga seorang awam pun dapat dengan mudah menyerap maksud dari tulisan yang dimaksudkan. Itu membuat tulisan mereka begitu diingat dan dipelajari hingga abad pertengahan (atau juga sekarang). Terkadang pula mereka menggungkapkan pengetahuan mereka dengan cara dialog, hingga mungkin selain blogger, mereka juga dapat disebut sebagai Novelis pertama dalam sejarah 😀

Menulis sebuah informasi dalam sebuah blog selayaknya dilakukan dengan cara yang mudah dipahami dan simpel. Jika anda berharap sebuah informasi yang terperinci dan detail tentang segala sesuatu di blog, maka anda salah tempat. Informasi tersebut dapat anda temukan di jurnal-jurnal ilmu pengetahuan.

Dengan mempermudah pemahaman informasi anda di blog, maka pengguna akan semakin mudah untuk mencerna pesan yang ingin anda sampaikan dalam tulisan anda. Ini penting, karena setiap penggunjung yang puas (dalam artian mendapatkan informasi yang mereka inginkan di blog anda) akan cenderung lebih mempunyai ketertarikan untuk kembali menggunjungi blog anda.

Leave a Reply