8 Hal Dari Otak Manusia Yang Perlu Diketahui

Otak adalah motor daya pikir bagi makhluk hidup, khusus untuk manusia, otak mempunyai peranan yang jauh lebih sentral dibandingkan dengan hewan. Daya pikir otak telah mewarnai perjalanan panjang peradaban kita. Membawa kita dari surga, tempat dimana semua terasa nyaman dan tenang, menuju realitas dunia yang sesungguhnya, dimana kita harus bertahan hidup dengan membunuh hewan lain, meramu, bercocok tanam, hingga peradaban modern seperti sekarang ini.

Brain

Ada banyak sekali aspek otak yang mungkin tidak pernah kita ketahui sebelumnya, beberapa hal unik sekaligus mencenggangkan. Berikut 8 buah kemampuan otak yang perlu kita ketahui:

1. Otak mempunyai kurang lebih 1 trilliun neuron/sel otak

Kemampuan berpikir manusia kemungkinan erat sekali hubungannya dengan jumlah sel yang dimiliki olehnya.  Jumlah sel neuron otak manusia mencapai angka 1 trilliun. Bayangkan saja, seekor lebah hanya mempunyai rata-rata 7000 neuron di kepalanya. Jumlah tersebut merupakan jumlah rata-rata sel otak manusia pada umumnya, jadi ada manusia yang mungkin mempunyai jumlah sel otak yang lebih dari 1 trilliun, maupun sebaliknya. Selisih jumlah itu sebenarnya tidak terlalu berarti banyak.

2. Otak = Perpustakaan

Otak manusia memang tidak ada batasnya, akan tetapi beberapa ilmuwan berpendapat, ia tetap mempunyai batasan tertentu ketika digunakan, terutama dalam masalah mengingat. Jika diibaratkan dengan perpustakaan, maka otak manusia belum akan penuh, jika seluruh informasi buku yang ada di perpustakaan Oxford di Inggris dimasukan ke dalam kepala. Hanya saja, hingga saat ini belum ada manusia yang benar-benar mampu membuktikan teori tersebut.

3. Jumlah Informasi Perdetik

Jika ada 10 informasi yang diberikan ke otak tiap detiknya, dan informasi tersebut tetap tersimpan dengan baik di kepala. Maka hingga umur 100, otak manusia belum akan terisi sepenuhnya. Sebuah potensi alam penyimpanan data yang sebenarnya sungguh luar biasa. Sayangnya, otak tidak benar-benar mampu menyerap 10 informasi sekaligus per detik dan kalaupun bisa, otak tidak benar-benar dapat menyimpan informasi yang masuk ke dalam dirinya 100%.

4. Kapasitas Dalam Angka

Kapastias otak manusia adalah satu diikuti angka nol yang panjangnya 10 pangkat 5 juta kilometer angka standar. Jumlah deretan angka itu kira-kira sama dengan perjalanan bumi ke bulan sebanyak 14 kali jika angka tersebut diketik dengan standar penulisan komputer.

5. Potensi Otak

Potensi otak manusia yang digunakan selama ia hidup rata-rata hanya 1% atau malah ada beberapa penelitian yang mengatakan 0,0001% dari kemampuan keseluruhan. Angka tersebut di dapat dari jumlah sebuah area reaksi otak ketika ia sedang memikirkan sesuatu. Pada dasarnya otak manusia tidak dapat digunakan 100% dalam satu waktu, karena jika dianalogikan ke dalam komputer, ketika sebuah komputer bekerja dengan prosesor maksimal, maka ia justru akan rusak. Begitu juga dengan otak manusia, ia tidak dapat bekerja bahkan melebihi angka 10% saja. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang-orang seperti Einstein dapat menggunakan potensi otaknya sekita 3,6% sekali waktu. Jumlah sekecil itu sebenarnya lebih dari cukup untuk membuat anda menjadi salah satu manusia paling jenius sepanjang sejarah.

6. Fungsi Otak (Kiri dan Kanan)

Roger Sperry, seorang ilmuwan berkebangsaan Amerika berhasil menemukan cara kerja otak. Ia membaginya menjadi dua buah bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Otak kanan manusia berfungsi melakukan tugas sebagai pembuat imajinasi, musik, warna, emosi, bentuk kreativitas sedangkan otak kiri manusia berfungsi sebagai logika, tulisan, angka, hitungan, urutan, analisis dan lain sebagainya.

7. Pengurangan Jumlah Sel Otak

Sel otak terus-menerus mengalami pengurangan setiap harinya. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa otak manusia mengalami pengurangan sebanyak 1 juta sel setiap hari. Namun dengan jumlah sel yang mencapai lebih dari 1 triliun, maka jika manusia mencapai usia 100 tahun, total sel yang mati hanya sekita 3,6%. Kabar gembiranya adalah, sel otak manusia ternyata dapat bertambah. Syarat dari sel otak yang sehat adalah gaya hidup yang sehat dengan konsumsi makanan yang seimbang.

8. Kedahsyatan Otak

Beberapa tokoh dunia yang mempunyai kelebihan dalam hal fungsi otaknya antara lain:

  • Leonardo da vinci, lukisan dan ide yang ia buat dianggap masih valid hingga 400 tahun setelah kematiannya
  • Cardinal Mezzofani, mempunyai kemampuan bicara dalam 60 bahasa yang berbeda
  • Yogi Shaa dapat mengulang 1000 frasa seara benar dan berurutan dalam sekali dengar
  • Hideyaki Toyomori, dapat 10000 angka desimal dari bilangan phi

Diambil dari intisari buku “Memorize Everithing” oleh Irwan Widiatmoko

Leave a Reply