Alternatif Energi Dengan Antimatter

Di CERN (Conseil Europeen pour la Recherche Nucleaire) atau European Council for Nuclear Research, tengah gencar melakukan penelitian tentang apa itu penyusun atom, sub atomic partikel, quarck, dan yang lebih terkenal lagi adalah God Particle. God Particle atau dalam bahasa ilmiahnya Higgs Boson adalah sebuah partikel yang dapat memberikan masa kepada seluruh partikel lain. Itu artinya, Higgs Boson adalah fundamental utama penyusun atom-atom yang ada sekarang ini.

LHC

Higgs memberikan apa yang semua jenis materi miliki sekarang ini, yaitu masa. Masa atau berat mempengaruhi banyak aspek di dalam materi itu sendiri. Termasuk bagaimana iAla akan bereaksi dengan materi sejenis dan bagaiman dia akan membentuk sebuah kesatuan yang besar. Pada akhirnya, Higgs barangkai juga mempengaruhi gaya yang kita sebut sebagai gravitasi.

Penilitian terhadap Higgs Boson berjalan dengan baik, namun ia memberikan efek-efek samping lain. Termasuk dimungkikannya tercipta sebuah anti matter. Anti matter adalah material yang sama dengan yang ada di sekitar kita. Hanya saja mempunyai charge yang berlawanan. Mudahnya begini, jika elektron di matter bergerak ke arah kiri, maka elektron di antimatter akan bergerak ke arah sebaliknya. Jika materi atau matter bertemu dengan antimatter maka akan menimbulkan loncatan daya yang luar biasa. Dengan kata lain, terdapat sebuah ledakan energi.

Reaksi yang dihasilkan oleh tumbukan antara 1 kg matter dan 1kg anti matter menghasilkan 1.8×1017J energi atau setara dengan 43 megaton TNT  atau setara juga dengan 27,000 kg Tsar Bomb. Tsar Bomb adalah bom nuklir terbesar yang pernah dibuat oleh manusia.

Energi sebesar ini jika dibuat dalam bentuk mesin pendorong pesawat luar angkasa akan dapat memotong waktu tempuh antar planet secara signifikan. Jarak antara bumi dan bintang terdekat akan memakan waktu kurang lebih 80,000 tahun jika menggunakan roket konvensional. Tapi dengan energi anti matter, manusia dapat menempuhnya dalam waktu 80 tahun saja. Atau setara dengan kurang lebih 1 umur harapan hidup manusia.

Memang untuk waktu dekat, pembuatan antimatter untuk pembangkit listrik memang terlihat mustahil. Biaya untuk pembuatan antimatter sendiri sangatlah besar. Ilmuwan CERN memperkirakan, biaya pembuatan 10 milligram positron mencapai $250 juta. Atau $25 milyar untuk pembuatan 1 gram antimatter. Untuk saat ini, dengan seluruh uang kekayaannya, Bill Gates hanya dapat mempunyai 2 gram antimatter.

Tapi seiring berjalannya waktu, kemungkinan biaya produksi antimatter akan jauh lebih berkurang. NASA bahkan sudah membuat proposal untuk mengganti roket konvensional mereka dengan energi anti matter. Begitu juga dengan proposal-proposal lain untuk menjadikan anti matter sebagai  sumber energi listrik yang bisa dikatakan nyaris tak terhingga kapasitasnya.

Leave a Reply