Knowledge vs Wisdom

Apa yang kita tahu adalah apa yang telah menjadi pengalaman, pelajari, dan hayati. Namun terkadang, kita tidak perlu mengetahui sesuatu untuk mendapatkan jawaban akan sebuah pertanyaan. Masing-masing menusia mempunyai dua sisi pemikiran, satu yang dilatarbelakangi oleh knowledge atau pengetahuan dan satu lagi yang di latarbelakangi oleh wisdom. Keduanya secara otomatis tertanam pada diri kita, sejalan dengan perjalanan hidup yang terus bertambah.

Anindita Saktiaji - Knowledge Wisdom

Kita tidak tahu, kapan kita akan membutuhkan knowledge maupun wisdom. Keduanya akan bekerja secara simultan untukmemecahkan segala kesulitan yang menghadang di depan mata. Terkadang, tanpa sadar kita telah menggunakan keduanya, namun terkadang pula, dengan sengaja kita meninggalkannya. Contohnya ketika anda mengacuhkan penderitaan orang lain, apakah anda ketika itu sedang menggunakan pengetahuan (knwoledge) maupun wisdom (kebijaksanaan) anda?

Ada sebuah quotes yang menyatakan bahwa “knowledge speaks but wisdom listens” oleh Jimi Hendrix, seorang musisi. Quotes cukup menarik untuk diperhatikan, karena ia mendefinisikan dengan jelas apa yang dimaksud dengan knowledge dan apa yang dimaksud dengan wisdom. Orang yang mempunyai pengetahuan yang baik, maka ia akan dengan mudah mengutarakan pengetahuannya tersebut (walaupun terkadang orang lain sulit untuk mengertinya). Namun jika seseorang mempunyai wisdom yang baik, maka ia akan lebih mampu untuk mendengarkan apa yang orang lain katakan kepadanya.

Mendengarkan adalah sebuah pekerjaan yang luar biasa sulit, seseorang haruslah mempunyai kesabaran, ketekunan, dan ketelatenan untuk memperhatikan apa yang orang lain ucapkan. Dan setiap orang mempunyai caranya sendiri untuk menggungkapkan pengetahuan dan perasaannya. Oleh karena itu, sekarang ini lebih banyak manusia yang mempunyai knowledge daripada manusia yang mempunyai wisdom. Knowledge, dengan takaran tertentu, sangat mudah untuk diukur. Sedangkan wisdom tidak mempunyai ukuran pasti bahkan hingga hari ini.

Oleh: Anindita Saktiaji

Leave a Reply