Matter vs Anti Matter

Pernahkah anda melihat film fiksi ilmiah Angel and Demon atau sebuah novel dengan judul yang sama, dikarang oleh Dan Brown. Sebuah novel tentang bagaimana sebuah organisasi bawah tanah dunia yang bernama illuminati mencoba untuk menggagalkan pemilihan Paus yang baru. Salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan menggunakan sebuah bom bertenaga Anti Matter. Sebuah bom yang mempunyai daya ledak sangat tinggi, berkali-kali lebih besar dibandingkan dengan bom konvensional atau bahkan bom nuklir sekalipun. Benda berbahaya itu diambil dari pusat penelitian partikel Eropa CERN yang ada di Swiss.

Anindita Saktiaji - Matter vs Anti Matter

Illustrasi Matter vs Anti Matter setelah Big Bang

Setelah melihat tayangan atau membaca novel itu, pasti terlintas sebuah pertanyaan, apa itu anti matter? Apakah ia bahan peledak generasi baru, atau sebuah senjata rahasia yang sengaja dikembangkan untuk menggantikan nuklir?

Para ilmuwan menyebut Anti Matter adalah oposite dari Matter atau yang biasa kita sebut sebagai material. Material adalah setiap benda yang kita lihat sehari-hari. Kursi, meja, lemari, awan, gunung-gunung, tanah, air, batu, dan bahkan dirimu sendiri. Anti Matter adalah kebalikan dari semua yang kita lihat sehari-hari, namun dia mempunyai bentuk yang sama dengan semua materi. Bayangkan saja ia adalah saudara kembarmu namun ia mempunyai sifat yang benar-benar bertolak belakang dengan dirimu. Itulah konsep anti matter, dan seperti saudara kembar yang berbeda sifat itu, ketika mereka bertemu, maka yang terjadi adalah bencana!

Anti Matter terbentuk bersamaan dengan Matter ketika Big Bang terjadi. Sama seperti jika kita lahir bersamaan dengan saudara kembar kita. Matter dan anti matter terlahir dari satu ibu yang sama, dalam tempat yang sama, dan dalam waktu yang sama. Bentuk mereka sama satu dengan yang lainnya, dengan ukuran yang sama, dan (mungkin) massa yang sama. Satu-satunya perbedaan mereka terletak di dalam sifat keduanya. Matter dan Anti Matter bertolak belakang satu sama lain, dan jika bertemu, kedua entitas itu akan saling menghilangkan.

Bagaimana struktur Matter dibandingkan dengan Anti Matter?

Anindita Saktiaji - Antimatter

Kita ambil contoh sebuah atom hidrogen. Pada umumnya, atom hidrogen terdiri dari proton yang dikelilingi oleh elektron. Struktur yang sama barangkali ada di sebagian besar atom matirial lainnya. Namun, pada anti matter, struktur tersebut bertolak belakang. Proton, digantikan oleh sebuah subatomik bernama anti proton, sedangkan elektron yang menggelilinginya digantikan oleh positron. Kombinasi keduanya, dapat disebut sebagai anti-hidrogen.

Tumbukan antara material dan anti material pada fase awal Big Bang sebenarnya berlangsung dalam waktu yang sangat singkat. Ada yang mengatakan bahwa tumbukan tersebut terjadi antara satu detik setelah big bang terjadi atau bahkan kurang daripada itu. Ukuran alam semestapun pada waktu itu antara sebuah bola tenis hingga sekitar ukuran bumi yang sekarang ini ada.

Apakah dark matter bisa dijadikan senjata pemusnah masal?

Bisa! Dark matter adalah cara yang paling ampuh untuk melenyapkan saudaranya, matter atau material atau bisa saja disebut kita dan segala hal di sekitar kita. Namun, membuat anti matter bukanlah sebuah perkara sederhana. Pihak CERN mengatakan bahwa untuk membentuk satu gram anti matter saja dibutuhkan proses ratusan tahun dengan teknologi dan tenaga yang dimiliki CERN saat ini. Sebuah proses yang sangat tidak ekonomis.

Oleh: Anindita Saktiaji

Leave a Reply