Fenomena Vlog – Video Blog Yang Unik Buat Belajar

Banyak yang berpikir bahwa Youtube hanya sekedar channel hura-hura, tempat untuk melihat video lucu, musik, dan menghabiskan waktu. Namun, akhir-akhir ini muncul fenomena vlog atau video blog. Singkatnya, orang yang biasanya menumpahkan ide dan pikirannya lewat tulisan beralih media menjadi video. Dan ternyata cara ini mempunyai banyak keuntungan. Pertama, sebagian orang lebih mudah mencerna informasi lewat visual. Dan kedua, youtube terkadang memberikan juga benefit tertentu bagi channel yang mempunyai view cukup besar.

Dari sekian banyak banyak vlog yang ada di internet, berikut beberapa contoh yang saya rasa menarik dan unik untuk diikuti. Saya sendiri mengikuti channel-channel vlog dibawah dan melihatnya secara reguler:

Crash Course

Crash Course pertama kali muncul dengan topik sejarah, dibawakan oleh penulis John Green yang pernah menuliskan novel The Fault of Our Stars. Namun seiring dengan berjalannya waktu, topik-topik Crash Course pun meluas dari mulai anatomi tubuh, birokrasi, ekonomi, psikologi, filosofi, hingga ke astronomi. Semua dengan host masing-masing yang merupakan ahli di bidangnya.

Diatas adalah salah satu video yang menyajikan tentang sejarah Mesir Kuno. Dimana anda bisa melihat sebuah sejarah panjang Mesir kuno selama kurang lebih tiga ribu tahun disajikan dalam bentuk singkat namun tanpa menghilangkan esensi dari sejarah itu sendiri. Tujuan dari crash course sebenarnya lebih menjadi sebuah “brief knowledge” – pengetahuan singkat. Anda bisa menambah wawasan luas dari pengetahuan anda, dan mungkin menemukan subyek2 pengetahuan khsusus yang barangkali tidak pernah anda pikirkan sebelumnya.

Uniknya, crash course tidak hanya menyediakan video narasi pembuatnya. Ia juga menyajikan ilustrasi dalam bentuk animasi yang memudahkan pendengarnya untuk memahami, video ilustrasi dibuat oleh Tought Bubble. Sampai saat ini, crash course memiliki lebih dari 3 juta subscriber dan video2nya sudah ditonton lebih dari dua ratus juta kali.

Kurzgesagt – In A Nutshell

Dibuat oleh orang Jerman, Kurz Gesagt (meskipun sulit untuk dibaca) mempunyai cara yang unik dalam menjelaskan pertanyaan-pertanyaan yang paling rumit sekalipun. Mereka membuat video-video animasi yang enak ditonton dan narasi yang mudah untuk dipahami. Dalam upload videonya, channel ini menjanjikan setidaknya akan mengupload 1 buah video setiap bulannya. Terdengar sedikit memang, namun ketika melihat kualitas audia dan videonya, kita bakal memaklumi kalau Kurz Gesagt hanya melakukan itu sekali dalam sebulan.

Diatas adalah salah satu contoh video dari Kurzgesagt yang menjelaskan tentang apa itu kehidupan. Disana mereka mencoba membuktikan bahwa definisi kehidupan itu simpel namun di satu sisi juga kompleks. Misalnya saja, apakah virus itu bisa dikatakan hidup? Atau AI (artificial intellegence) itu dapat juga dikatakan hidup suatu saat nanti?

Sampai saat ini sudah ada puluhan video yang mereka upload. Mereka menjelaskan dari mulai Big Bang itu apa hingga ke krisis ISIS yang melanda Iraq dan Suriah, dari krisis keuangan yang melanda dunia hingga apa itu Ebola. Secara umum, mereka menjelaskan hampir seluruh aspek kehidupan yang mungkin dapat mereka jelaskan. Pada Juli 2015, Kurzgesagt memilih untuk mengganti nama menjadi In a Nutshell. Alasannya, karena tidak semua orang bisa mengucapkan Kurzgesagt. Dalam bahasa Jerman, Kurzgesagt mempunyai arti kurang lebih sama dengan “In a Nutshell.

Minute Physics

Ketika anda sekolah, pasti guru anda menjelaskan dengan cara menuliskan atau mengilustrasikan apa yang mereka jelaskan di papan tulis. Tujuannya adalah memudahkan murid-muridnya untuk menangkap apa yang mereka katakan dan kalau perlu mencatat juga di buku. Minute Physics kurang lebih hadir dengan konsep yang sama. Narator menuliskan dan mengilustrasikan apa yang mereka ucapkan dalam gambar dan tulisan dalam sebuah papan whiteboard atau kertas. Sehingga pendengar dapat memahai apa yang ia jelaskan secara lebih mudah.

Physics atau Fisika mungkin adalah momok tersendiri bagi sebagain besar orang. Namun Minute Physics mencoba mengubah pola pikir itu dan menghadirkan fisika yang ramah dan aplicable. Ia juga mencoba menjelaskan perhitungan-perhitungan paling rumit sekalipun dengan cara yang paling mudah. beberapa teori sulit yang coba dijelaskan antara lain: fisika quantum, big bang, string theory, pararel universe, atau bahkan black hole.

Salah satu contoh video diatas mencoba menjelaskan teori pararel universe yang barangkali tidak sesuai dengan apa yang ada di dalam bayangan kita. Karena masih sebatas terori, pararel universe bisa mempunyai indikasi banyak dari mulai terbatasnya observable universe yang dapat kita lihat, universe di dalam blackhole atau bubble universe yang bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Jika anda ingin jawabannya, simple, tinggal klik link video di atas.

Vsauce

Vsouce dimulai pada tahun 2010 oleh Michael Stevens. Tujuan Michael dalam membuat vlog ini sangat simpel, ia ingin menjawab pertanyaan-pertanyaan absurd yang biasa ditanyakan seseorang. Bebeberapa judul videonya yang nyeleneh antara lain: apakah bumi itu datar, berapa berat bayangan, apakah semua yang kita lihat itu nyata, dan lain sebagainya. Banyak yang menyebut bahwa Vsauce ini sebenarnya adalah “Bathroom talk.” Percakapan terhadap diri sendiri yang biasa kita lakukan di dalam kamar mandi saat kita mandi.

Meskipun dikemas dalam bentuk narasi “Bathroom talk”, pembahasan-pembahasan yang ada di dalam vsaouce bukan tanpa bukti dan evidence. Salah satu judul yang ada di link atas membahas tentang apakah bumi itu datar. Tentu saja sebagian besar orang pasti akan menjawab bahwa bumi itu berbentuk bola seperti planet-planet pada umumnya. Michael mencoba menyajikan data yang dapat mensupport pendapat itu, disatu sisi ia juga menyajikan data yang dapat membantah pernyataan itu. Kedua2nya ilmiah dan dapat dipertanggung jawabkan.

Vsauce selalu mencoba menyajikan pertanyaan dengan dua jawaban di dua sisi. Hal ini bukan bermaksud untuk membinggungkan penontonnya, tapi lebih agar para penonton dapat menilai sesuatu dari dua buah sisi. Penilaian dari dua buah sisi membuat seseorang akan lebih bijak dalam mengambil sebuah keputusan atau penilaian terhadap sebuah pertanyaan. Penilaian dari dua buah sisi juga membuat seseorang akan menjauhi sikap ‘ignorant’.

CGPGrey

CGPGrey adalah sebuah vlog unik dan mungkin menjadi patokan dari beberapa vlog yang ada sekarang. Meskipun sudah beberapa waktu ini, CGPGrey agak turun dalam performa pemunculan video-video baru. CGPGrey menyajikan informasi dalam bentuk animasi yang interkatif, dan juga diselingi dengan banyolan-banyolan khas sarkastik yang akan membuat anda terpingkal-pingkal jika anda faham.

Salah satu hal yang membuat CGPGrey menarik untuk dilihat adalah, penjelasannya yang cepat dan singkat. Ia dapat merangkum berbagai macam informasi dalam sebuah video yang durasinya tidak lebih dari 5 menit. Dan karena singkatnya itulah, terkadang bahasa yang ia gunakan terkesan seperti kereta api yang melaju kencang. Well, anda harus sedikit lebih faham bahasa Inggris ketika mendengarkannya, supaya anda tidak ketinggalan kereta.

Salah satu video menarik yang pernah saya lihat dari CGPGrey adalah tentang pertanyaan “How Many Countries are There?”. Video itu mencoba menjelaskan bahwa negara adalah sesuatu yang rumit dan menghitungnya adalah sebuah pekerjaan yang jauh lebih rumit. Ada berbagai macam negara yang secara fakta ada, namun secara diplomatis mereka belum diakui oleh negara lain.

Bonus, beberapa vlog yang cukup menarik untuk diikuti selain daftar diatas:

  1. Test Tube
  2. TED-ED
  3. Kok Bisa
  4. Veratisium
  5. Smarter Everyday

Leave a Reply