Wikiwalker

Wikipedia barangkali telah menjadi salah satu situs paling penting sekarang ini selain google. Ia menempati 10 besar situs yang paling banyak diakses orang dengan informasi yang begitu luas. Dari mulai profil seorang yang cukup terkenal, hingga sejarah terbentuknya sebuah negara. Situs tersebut juga mencakup informasi tentang sebagian besar sains mulai dari biologi hingga quantum physics.

wikipedia

Perjalanan wikipedia dimulai pada tahun 2001, ia didirikan sebagai ganti atau sekedar alternatif dari ensiklopedia pada umumnya dan juga ensiklopedia berbayar yang dikeluarkan secara ekslusif oleh perusahaan-perusahaan besar. Pendirinya, berdasarkan situs wikipedia sendiri adalah Jimmy Wales dan Larry Sanger. Sekarang terdapat kurang lebih  5,274,350 artikel dalam bahasa Inggris per Oktober 2016. Angka tersebut belum termasuk jutaan artikel dalam bahasa lain.

Lalu apa sebenarnya wikiwalker yang saya gunakan sebagai judul artikel diatas? Sebenarnya wikiwalker adalah sebutan yang saya buat untuk hobby berpetualang di dalam wikipedia. Dahulu, orang menggunakan buku-buku ensiklopedia untuk mengetahui satu atau beberapa bab permasalahan dan kemudian ia akan berpindah ke bab lain yang berhubungan atau setidaknya dibahas dalam bagian selanjutnya dari ensiklopedia tersebut. Sekarang, orang semakin mudah untuk mencari tahu berbagai hal dengan menggunakan wikipedia.

Sebagai contoh, ketika saya misalnya ingin berjalan-jalan ke Turki saya akan mencari tempat-tempat apa saja yang menarik dengan menggunjungi halaman wikipedia tentang Turki. Barangkali saya akan mendapatkan bahwa Istanbul adalah salah satu tempat paling banyak dikunjungi di Turki dan kemudian saya akan mengunjungi halaman tentang kota tersebut. Pada halaman yang membahas tentang Istanbul maka saya akan mendapati sejarah tentang kota itu, bagaimana ia ditaklukan oleh Ottoman Empire dan bagaimana sejarah kota tersebut ketika masih bernama Konstantinopel. Dari Konstantinopel, saya mungkin bisa menggali informasi lebih dalam mengenai Kekaisaran Romawi Timur atau Byzantium.

Wikipedia memungkinkan kita menggali informasi jauh lebih dalam dan jauh lebih luas daripada buku ensiklopedia terdahulu. Pembacanya tidak perlu untuk berpindah dari satu buku ke buku lainnya hanya untuk sekedar tahu kejadin apa selanjutnya atau topik apa yang akan dibahas di bagian lainnya. Pembaca cukup memilih topik-topik yang biasanya berelasi dengan topik yang sedang dia baca, dan berbagai hyperlink sudah ada di halaman tersebut untuk dijelajahi. Seperti yang sudah saya beri contoh di atas, jika kita sedang membaca artikel tentang Istanbul, maka kita bisa mendapatkan info tentang Konstantinopel, Romawi, kaisar-kaisar Romawi, bahkan sampai bagaimana Republik Romawi dapat terbentuk.

Wikiwalker mungkin dapat menjadi alternatif hobby bagi orang yang gemar membaca. Artikel yang ada di wikipedia terus berkembang setiap harinya, seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi dari manusia. Memang terkadang beberapa artikel nampak tidak sempurna atau sedikit melenceng dari hal yang sebenarnya. Tapi itu wajar, bahkan ketika kita membaca buku yang umum dijual di toko buku pun, kita terkadang menemukan satu dua buah kesalahan. Setidaknya, ilmu yang kita dapatkan di wikipedia dapat kita peroleh dengan gratis dan ilmu pengetahuan yang ada di sana sangatlah luas.

Kapan anda dapat melakukan wikiwalker? Sebenarnya anda dapat melakukannya kapanpun dan dimanapun. Saat anda sedang berpergian dengan kereta atau bus, sedang santai-santai di rumah, di waktu senggang kantor, atau bahkan ketika anda sedang berada di toilet. Cukup cari artikel yang anda ingin tahu, dan kita lihat seberapa jauh wikipedia akan membawa anda ke pengetahuan yang lebih dalam. Terkadang, jauh dari artikel awal yang ingin anda tahu.

Leave a Reply