Cara Membuat Blog Tetap Hidup

Merawat blog itu gampang-gampang susah. Sebuah blog yang baik bukanlah blog yang memberikan artikel super rumit yang tidak bisa dipahami setiap orang. Blog lebih bertujuan sebagai sarana untuk menyampaikan pikiran kita se-simple mungkin kepada para pembaca. Jadi, bahasanya juga tidak perlu terlalu formal seperti koran atau majalah.

BLOG on speech bubble price labels

Nah, untuk membuat blog tetep menarik untuk dikunjugi, saya sendiri mempunyai beberapa pedoman untuk diikuti. Pedoman ini untuk sementara hanyalah pendapat pribadi, namun saya harap pedoman-pedoman ini juga dapat berguna bagi para pembaca sekalian.

Pertama, cobalah untuk mempunyai target menulis setiap bulan. Target, seperti halnya di dunia “sales” atau dagang, perlu ada untuk memacu seseorang untuk meraih sesuatu. Begitu juga dalam dunia per-blog-an. Target diperlukan agar penulis tidak terlalu terlena dengan waktu. Tidak perlu mempunyai target yang terlalu tinggi. Untuk sebuah blog pribadi, dua sampai tiga artikel tiap bulan saja sudah baik.

Kedua, tulislah ide anda selagi masih segar. Ide terkadang datangnya seperti wahyu (atau jalangkung). Datang tak diundang dan pulang tidak diantar. Selagi anda mempunyai ide yang sekiranya fresh dan baik, tulislah! Atau setidaknya buat note untuk menuliskan garis besar pemikiran anda. Ingatlah bahwa ide itu terkadang tidak akan lagi datang atau lenyap dalam tumpukan memori.

Ketiga, banyaklah mempelajari tentang apa yang anda sukai. Blogger tidak perlu mengetahui segalanya, bisa saja tulisan di blog hanyalah berkisar pada hobby yang anda sukai. Jika anda hobby memasak, tulislah hasil resep masakan anda. Jika anda suka teori konspirasi, tulislah tentang teori-teori nyleneh itu. Anda kerap kali akan menemukan bahwa anda tidak sendirian di dunia ini. Ada ratusan, ribuan, atau lebih banyak lagi orang yang serupa dengan anda. Anda bisa saling berbagi pengetahuan, ilmu, pemikiran, pendapat, dan lain sebagainya.

Keempat, berusahalah untuk mengunjungi blog orang lain. Membaca tulisan-tulisan orang lain akan memicu anda untuk berkreasi. Terkadang juga menimbulkan sebuah rasa iri karena mungkin orang lain lebih banyak dapat apresiasi daripada anda. Itu wajar, yang terpenting seluruh perasaan itu dikonversi menjadi semangat untuk menulis.

Kelima, sesekali sebarkan atau share isi blog anda ke social media atau forum. Tidak ada salahnya untuk sesekali jualan blog anda ke khalayak umum. Social media dapat menjadi sebuah tempat yang baik untuk mengalawi popularitas blog anda. Di sana, anda dapat menemukan orang yang kemungkinan tertarik dengan tulisan-tulisan anda. Dan mungkin juga akan menjadi pembaca tetap.

Keenam, terakhir dan paling utama, tetaplah anda merasa “happy” saat menulis. Tulislah apa yang menurut anda paling menyenangkan buat anda. Jangan menulis blog karena terpaksa, atau menulis karena hanya sekedar memenuhi target bulanan. Sebuah tulisan baik di blog bukanlah karena tingkat kerumitannya seperti paper ilmiah, juga bukan omongan kosong yang tidak ada isinya. Blog adalah curahan pemikiran dari penulisnya. Utarakan pemikiran itu dalam cara yang sesimpel dan semudah mungkin untuk dibaca orang lain.

Happy blogging everyone….

Leave a Reply